Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial

Resep Martabak Telur – Siapa yang tidak suka dengan camilan yang satu ini. Selain sebagai camilan, martabak telur juga sering digunakan sebagai lauk makanan. Martabak telur merupakan makanan yang memiliki cita rasa khas indonesia dengan bumbu rempah-rempah yang sangat lezat. Banyak sekali penjual martabak telur yang dapat kita jumpai di sekitar kita. Kebanyakan dari kita memang lebih suka membeli martabak telur karena lebih praktis. Namun bagi orang yang memang penasaran dengan cara membuat martabak telur mungkin akan tertantang dengan hasil masakan sendiri.

Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial


Maratabak telur sendiri saat ini sudah memiliki banyak varian yang tidak kalah dengan makanan aslinya. Anda bisa menjumpai resep martabak tahu, resep martabak mie dan sebagainya. Anda tentunya bisa berkreasi sendiri untuk menciptakan resep martabak yang berbeda dari lainnya. Siapa tahu resep martabak buatan anda sangat disukai banyak orang dan tentunya bisa anda terapkan dalam bisnis kuliner yang sedang menjamur saat ini.

Cararesep.com kali ini akan berbagi resep cara membuat martabak telur spesial yang sangat mudah dan tentu sangat lezat di lidah. Membuat martabak telur jika dilihat sekilas memang terlihat rumit, namun kenyataannya tidak sesulit itu kok. Cara membuat martabak telur yang paling penting adalah ketika membuat kulitnya. Kulit martabak yang enak akan membuat hasil akhir martabak telur anda semakin lezat. Selain kulit martabak, anda juga harus memperhatikan isinya juga. Disini anda bisa berkreasi dengan bahan apa saja sesuai selera masing masing.

Cara membuat martabak telur berbeda dengan resep martabak manis. Jika martabak manis hanya berbentuk adonan, martabak telur memiliki kulit dan isi yang digoreng hingga matang. Martabak telur yang sering kita jumpai dipinggir jalan biasanya menggunakan daun seledri dan daging cincang sebagai isinya. Anda bisa mengganti bahan-bahan tersebut sesuai selera anda. Seperti yang sering saya tekankan di rasaresep.com bahwa memasak itu adalah soal kreatifitas. Tidak ada resep yang kaku, anda bisa mengolahnya sesuai kreatifitas masing masing.

Sebelum kita menuju ke cara pembuatan martabak telur spesial, kita siapkan dahulu bahan bahan martabak telur. Bahan-bahan ini bisa anda temukan dengan mudah di pasar. Jadi tidak perlu kawatir sebelum memasak martabak telur.

Bahan Kulit martabak telur spesial

  • 200 gram tepung terigu (untuk adonan kulit martabak telur)
  • 140 ml air bersih
  • 1 butir telur ayam (anda bisa menggunakan telur bebek jika tidak suka telur ayam)
  • Minyak sekucupnya untuk tambahan adonan
  • Garam beriodium secukupnya


Bahan Isi Martabak telur

  • 250 gram daging cincang kecil (Anda bisa menggantinya sesuai selera seperti cornet, sosis, jamur, dll. Berkreasilah untuk menciptakan martabak yang lezat)
  • 5 daun bawang yang masih segar, iris halus
  • 4 siung bawang putih, cincang hingga halus
  • 1 buah bawang bombay yang sudah dikupas dan dicincang halus
  • 8 buah bawang merah, kupas kulitnya kemudian cincang halus
  • Lada bubuk secukupny (jika anda suka martabak yang pedas anda bisa memperbanyak bumbu ini)
  • Garam sekucupnya
  • Bumbu penyedap sekucupnya
  • 4 buah telur ayam atau bebek, pilih sesuai selera anda


Setelah anda menyiapkan semua bahan martabak telur di atas, selanjutnya kita menuju ke tahap-tahap pembuatan martabak telur. Saya mengingatkan bahkan bahan-bahan di resep martabak telur tidaklah mutlak. Anda bisa menggantinya sesuai selera masing masing.

Cara membuat kulit martabak telur

  1. Siapkan wadah ukuran sedang. Masukan tepung terigu dan garam, campur hingga rata.
  2. Masukan telur ke dalam wadah dan campur hingga rata
  3. Tuangkan air bersih ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil di campur dengan tangan
  4. Terus campur adonan hingga menjadi kalis
  5. Jika adonan belum kalis atau kenyal, tambahkan air lagi kemudian aduk kembali dengan tangan
  6. Olesi bagian luar adonan dengan minyak goreng kemudian diamkan sekitar 10 hingga 15 menit
  7. Olesi kembali bagian luar adonan dengan minyak goreng dan tutup wadah dengan kain. Biarkan adonan tertutup selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang kenyal


Cara membuat isi martabak telur

  1. Siapkan wajan dan beri sedikit minyak goreng
  2. Masukan bawang bombay, bawang putih dan bawang merang yang sudah dirajang halus. Tumis hingga tercium aroma harum
  3. Masukan daging cincang atau bahan pilihan anda ke dalam wajan, tumis hingga tercampur rata dan daging setengah matang
  4. Angkat hasil tumisan dan siapkan untuk proses pembuatan martabak telur


Cara membuat martabak telur spesial

  1. Ambil adonan kulit martabak yang sudah mengembang tadi. Bagi menjadi 2 bagian (anda bisa membuat 2 porsi martabak telur dari adonan kulit telur yang sudah anda buat tadi)
  2. Pipihkan adonan kulit martabak telur dengan telapak tangan hingga melebar
  3. Pegang kedua ujung adonan dan putar ke kanan dan ke kiri hingga adonan melebar sehingga menjadi tipis
  4. Ambil isi martabak yang sudah ditumis, kocok dengan telur ayam atau bebek. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Anda bisa menggunakan wadah kecil atau gelas untuk mengocok isi martabak.
  5. Tuangkan isi martabak ke atas kulit yang sudah jadi tadi
  6. Lipat kulit martabak ke tengah hingga isi martabak tertutup rata. Lipat lagi hingga terbentuk kotak dan semua isi tertutup sempurna.
  7. Goreng martabak hingga berwarna emas kecoklatan
  8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan martabak telur
  9. Sajikan martabak telur selagi hangat dengan tambahan cabai atau acar sebagai teman makan



Tidak terlalu sulit bukan cara membuat martabak telur itu? Saya yakin anda semua pasti bisa membuatnya. Mungkin saat pertama kali akan terasa kikuk, namun jika sudah 2 atau 3 kali pasti sudah mahir dalam membuat martabak telur spesial ini. Demikian resep martabak telur dari rasaresep.com yang bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial"

Posting Komentar